2009-05-27

Dua Hektare Lahan Terbakar

Laporan Evi Suryati, Bengkalis evisuryati@riaupos.com
SELAIN di Dusun Gurun Panjang Desa Tanjung Leban, kebakaran juga terjadi di perbatasan Desa Tanjung Leban dan Sepahat Kecamatan Bukit Batu. Setidaknya dua hektare lahan masyarakat terbakar di perbatasan Sepahat-Tanjung Leban, namun kebakaran sudah bisa diatasi.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Kabupaten Bengkalis, H Tengku Said Ilyas, dihubungi Riau Pos, Ahad (24/5) pagi mengatakan, satu titik api yang berada di perbatasan Sepahat dan Tanjung Leban baru diketahui Sabtu lalu. Saat itu kata Ilyas, pihaknya menerima laporan dari tim yang turun ke lapangan.

‘’Api sudah membakar sekitar dua hektare lahan masyarakat. Alhamdulillah berkat kesigapan anggota kita dibantu Satpol PP Bukit Batu api berhasil dipadamkan,’’ kata Ilyas.

Terkait kebakaran yang terjadi di Dusun Gurun Panjang Desa Tanjung Leban, kata Tengku Ilyas, sampai pagi Ahad kemarin pihaknya belum memperoleh laporan dari anggotanya yang turun ke lokasi, apakah api tersebut padam atau belum. ‘’Kemarin, saya memang sempat terima laporan, kalau di Gurun Panjang juga sedang turun hujan. Tapi saya belum tahu apakah hujan tersebut berhasil memadamkan kebakaran di Gurun Panjang,’’ ungkap Tengku Ilyas.

Tengku Ilyas berharap, hujan deras yang mengguyur Kota Bengkalis sore Sabtu lalu, juga terjadi di daerah kebakaran. Jika hal tersebut terjadi, besar kemungkinan kebakaran yang terjadi di Gurun Panjang dan perbatasan Sepahat padam total.

‘’Kalau di lokasi kebakaran hujannya lebat seperti di Bengkalis, saya yakin api akan padam. Tapi saya masih menunggu laporan dari anggota di lapangan, mudah-mudahan kabar yang disampaikan menggembirakan,’’ harap Ilyas.

Sementara itu, Ir Zainal Zahari MT yang turun ke lapangan, masih beluh bisa dikonfirmasi terkait kondisi di lapangan saat ini. Begitupun kabid Pemantauan Drs Suiswantoro, berkali-kali handphone-nya dihubungi, namun tidak ada jawapan.

Seperti diberitakan sebelum ini, kebakaran hebat terjadi di hutan Dusun Gurun Panjang desa Tanjung Leban Kecamatan Bukit Batu. Lokasi kebakaran berbatasan dengan Dumai tersebut, diduga sebagai kawasan kelompok tani masyarakat Dumai yang membuka lahan pertanian di hutan Gurun Panjang. Kebakatan itu sendiri sudah menghanguskan lahan sekitar 200 hektare.(rnl)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos (Senin, 25 Mei 2009 , 08:13:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org