2009-02-04

Iklim, Medan & Penaksiran

I. IKLIM
A. PENDAHULUAN
Iklim dan medan merupakan salah satu dasar pengetahuan dalam berpetualang. Mempelajari pengetahuan mengenai iklim dan medan, perlu bagi seseorang yang gemar untuk melakukan kegiatan di alam terbuka.

Semua keadaan atmosfer (kelembaban, suhu, tekanan, angin) di bumi adalah akibat dari rotasi bumi terhadap matahari.
Berdasarkan waktu dan tempat, maka dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Iklim mencakup waktu yang lebih lama dari musim dan cuaca dan juga mencakup daerah yang lebih luas dari musim dan cuaca.
2. Musim mencakup waktu yang berulang dan teratur dan juga mencakup daerah yang cukup lebar dan tetap.
3. Cuaca mencakup waktu yang singkat dan among dan juga mencakup daerah yang sempit dan rambang. 

• Iklim
Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Cuaca adalah keadaan suhu atau udara di suatu tempat pada saat tertentu dalam waktu yang singkat. Jadi cuaca dapat berubah-ubah dan iklim relatif tetap untuk jangka waktu enam bulan sekali (untuk wilayah tropis).
• Musim
Keadaan atmosfer berdasarkan akibat posisi bumi terhadap matahari. Posisi bumi akan mempengaruhi musim yang akan terjadi di suatu iklim itu.

• Cuaca
Keadaan atmosfer yang langsung dapat dirasakan (suhu, kelembaban, angin) dan dapat dilihat (awan, ombak, benda langit) oleh pengamat.

B. JENIS-JENIS IKLIM
Iklim dapat dibagi atas yang dipengaruhi oleh matahari dan iklim yang terjadi karena kondisi geografisnya.

• Iklim Surya
Iklim yang terjadi akibat perbedaan pancaran matahari terhadap muka bumi. Iklim ini terbagi lagi menjadi peristiwa yang teratur atau yang dinamakan musim.

1. Iklim Kutub
Udara dingin dan hujan salju, mengalami siang kutub dan malam kutub sekurang-kurangnya 1 hari dalam setahun. Mempunyai dua musim panas dan dingin.

2. Iklim Ugahari
Mengalami musi panas yang sejuk dengan musim dingin dan hujan sepanjang tahun karena adanya angina barat dari laut dan terjadi di belahan bumi utara.

3. Iklim Sub Tropik
Mempunyai musim dingin, semi, panas, gugur tanpa salju kecuali di dataran tinggi, musim panas yang skering dan sedikit hujan.

4. Iklim Tropik
Iklim yang mempunyai musim penghujan dan kemarau.

• Iklim Muson
Muson berarti musim. Jadi iklim musim (iklim yang terulang teratu). Terdapat di daerah yang sangat mempengaruhi oleh dua atau lebih system iklim yang lebih besar.

II. MEDAN
Medan terbagi terbagi dua yaitu medan surya adalah medan yang terbentuk karena dipengaruhi iklim surya, sedangkan medan fisik adalah medan yang dipengaruhi oleh iklim fisik.
A. Medan Surya
Ada beberapa istilah dalam lingkungan medan surya yaitu
1. Habitat darat, habitat yang berada dalam ekosistem daratan meliputi hutan pohon runjung, hutan peluruh iklim sedang, hutan tropic, tudra, gurun, padang rumput dan gunung.
2. Habitat air, habitat yang berada dalam ekosistem air meliputi ait tawar dan air laut.

B. Medan Fisik
Sejumlah medan mempunyai nama yang sama, karena memang sama sifatnya. Yang membedakannnya adalah karena tipe kejadiannya yang berbeda yang dikarenakan sebab-sebab berasal dari bumi.
Medan fisik terbagi dua yaitu medan tumbuhan dan geologi.
1. Medan tumbuhan terdiri dari atas hutan, padang dan gurun.
2. Medan geologi terdiri dari atas gunun (medan yang naik kaeran tenaga endogen atau kegiatan vulkanik), dataran (medan dataran yang relative rata) dan perairan.

C. Medan Khas
Medan khas ini terdiri dari rawa, laut dan sungai.

1. Rawa adalah suatu ekosistem khas dataran rendah yang terdapat antara wilayah transisi daratan dengan perairan, dimana daerah-daerahnya dipengaruhi oleh kondisi perairan tersebut dan selalu digenangi air sepanjang tahun.

2. Laut Indonesia memiliki sifat-sifat antara lain : memiliki ombak yang besar serta dalam, mempunyai arus yang kuat dan pantai-pantainya relatif kurang landai.
Perbedaan ketinggian permulaan air laut disebut jika permukaannya naik dan surut permukaannya turun.

3. Sungai adalah air permukaan bumi mengalir ke bagian yang lebih rendah. Oleh karena tenaga erosi mengikis, maka akan membentuk lembah dan terjadilah sungai.
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org