2011-04-27

Myopia (Miopia) menggunakan metode LASIK

Miopia atau rabun jauh tidak merupakan diwariskan, Miopia itu disebabkan oleh pekerjaan seperti dekat membaca berlebihan dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor antaranya faktor kebiasaan. Miopia merupakan kelainan refraksi pada mata yang dijangkakan paling umum dideritai oleh golongan usia muda termasuk siswa/i dan mahasiswa/i karena pada usia bersekolah seseorang itu lebih cenderung untuk melakukan pekerjaan dekat dengan lebih sering.

Myopia
Orang yang mengalami gangguan penglihatan sering disebut menderita gangguan refraksi. Artinya, gangguan penglihatan terjadi akibat tidak sempurnanya bayangan benda yang diterima oleh saraf saraf penglihatan untuk disampaikan ke otak.

Bila saat ini anda merasakan kesulitan melihat benda yang jauh tetapi tidak masalah jika melihat benda yang dekat maka kemungkinan anda menderita apa yang dinamakan dengan mata minus atau Miopia. Miopia memang penyakit yang sangat populer dan menyerang antara 20% sampai 30% dari populasi.

Gangguan mata ini dengan mudah dapat dikoreksi menggunakan kaca mata, lensa kontak atau operasi.Pada orang myopia, bentuk bola mata terlalu lonjong atau kornea terlalu melengkung sehingga bayangan benda yang masuk ke mata menjadi tidak fokus. Bayangan benda jatuh di depan retina, daerah sensitif pada mata sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Myopia dapat dikoreksi dengan menggunakan kaca mata, lensa kontak atau operasi. Saat ini sudah banyak dikembangkan operasi dengan menggunakan metode LASIK (Laser-assisted in situ keratomileusis) yang mana laser digunakan mengurangi lapisan kornea sehingga kornea menjadi lebih datar yang menyebabkan bayangan benda lebih fokus ke retina.

Penderita myopia akan sering mengalami sakit kepala, mudah lelah dan pusing saat mengendarai kendaraan atau memandang jauh. Bila menemukan penderita dengan gejala tersebut, maka dokter akan melakukan pemeriksaan visus/tajam penglihatan baik secara manual atau dengan komputer.

Myopia umumnya tampak pada usia muda. Gangguan ini dapat berkurang dengan sendirinya namun sebaliknya dapat pula memburuk seiiring bertambahnya usia.
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org