2009-10-08

IEA: Krisis Global Pangkas Emisi Karbon

Bangkok,(ANTARA News) - Krisis ekonomi global akan memangkas emisi karbon pada tahun 2009, membuka kesempatan yang sempit untuk mengambil tindakan tegas pemanasan global, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan Selasa.

Diperkirakan jatuh tiga persen, energi yang berhubungan dengan polusi CO2 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, akan menjadi penurunan paling curam dalam 40 tahun, kepala ekonom IEA Fatih Birol mengatakan pada konferensi pers di Bangkok, sebagaimana dikutip dari AFP.

Keluaran karbon global hingga kini telah tumbuh rata-rata tiga persen setiap tahun, tambahnya.

Birol mengatakan penurunan lapisan perak dalam polusi karbon adalah sebuah "jendela unik dari peluang" bagi dunia untuk menempatkan dirinya di jalur untuk membatasi kenaikan suhu global sampai dua derajat Celsius (3,6 derajat Fahrenheit), ambang ilmiah bahaya pemanasan global.

Resesi mendorong jatuh yang akan menyebabkan emisi CO2 pada tahun 2020 menjadi lima persen lebih rendah dari perkiraan IEA satu tahun lalu, bahkan jika tidak ada lagi tindakan yang diambil untuk mengurangi pemanasan global, ia menambahkan.

Perkiraan IEA merupakan bagian dari laporan Prospek Energi Dunia, kutipan dari yang dirilis pada perundingan iklim PBB yang sedang berjalan di ibukota Thailand.

Ini menjelaskan bagaimana negara harus memotong tajam energi mereka yang berkaitan dengan emisi karbon selama 20 tahun dalam rangka memperbaiki konsentrasi karbon dioksida di atmosfer pada tingkat yang akan menjamin ambang dua derajat.

Tingkat itu, diukur dalam bagian per juta, adalah 450 ppm, menurut sebuah patokan laporan ilmiah yang dikeluarkan pada tahun 2007 oleh Panel PBB Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).

"Ini memberi kami kesempatan untuk membuat kemajuan nyata menuju energi bersih masa depan, tapi hanya jika kebijakan yang tepat diletakkan di tempat dengan segera," kata direktur eksekutif IEA Nobuo Tanaka dalam sebuah pernyataan.

"Setiap tahun keterlambatan menambahkan tambahan 500 miliar dolar (340 miliar euro) dengan investasi yang diperlukan antara 2010 dan 2030 di sektor energi," ia memperingatkan.

Produksi energi menyumbang sekitar 65 persen dari emisi gas rumah kaca dunia, menurut IEA.

Perundingan iklim di bawah Konvensi Kerangka Kerja PBB mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) telah terhambat selama berbulan-bulan, dan kehabisan waktu untuk memberikan perjanjian iklim global baru pada konferensi Desember di Kopenhagen.

Negara kaya dan miskin dibagi atas bagaimana membagi beban pemotongan gas rumah kaca, dan siapa yang akan membayar untuk itu.

Negara-negara maju bersedia memimpin, tetapi mengharapkan munculnya raksasa seperti Brasil, India dan China melakukan langkah-langkah untuk mitigasi juga -- negara-negara ini telah menolak mati-matian.

Negara-negara kaya menciptakan masalah dan harus menanggung beban tanggung jawab untuk memperbaikinya, negara-negara berkembang mengatakan.

"Melanjutkan kebijakan energi saat ini akan berkonsekuensi bencana bagi iklim," kata Kepala UNFCCC Yvo de Boer." Ini adalah kesempatan unik ... transisi sistem energi global."

Di Stockholm, Brasil mendesak Presiden Amerika Serikat, China dan lain-lain untuk melakukan bagian mereka untuk mengurangi gas rumah kaca sehingga pertemuan puncak kunci di Kopenhagen bisa sukses.

"Jika kita menyelesaikan sedikit masalah AS, dan Obama mencoba untuk meyakinkan Kongres dan Senat untuk menerima lebih ambisius tujuan iklim, kemudian hal-hal yang bisa maju," Presiden Brasil Luiz Ignacio Lula da Silva mengatakan.

Tanaka dari IEA mengukuhkan bahwa China telah menyusul Amerika Serikat sebagai pencemar karbon top dunia pada tahun 2007, menambahkan bahwa "itu akan menjadi masa depans ama."

Sumber: ANTARA News (Rabu, 7 Oktober 2009 10:24 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org