2009-11-30

Papua Aktif Dalam Forum Internasional Pelestarian Hutan

Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Papua terlibat aktif dalam forum-forum internasional yang membahas upaya pelestarian hutan yang terkait masalah perubahan iklim global.

"Salah satu forum tersebut adalah International Union For Conservation of Nature (IUCN) World Congress di Spanyol pada akhir 2008 lalu," kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri, Papua, Drs.Berty Pernandez di Jayapura, Rabu.

Dijelaskannya, pada forum bertema "Forest Carbon Market" tersebut, Gubenur Provinsi Papua, Barnabas Suebu,SH turut menjadi pembicara pada dua sesi khusus mengenai "Climate Change Biodiversity Conservation and Poverty Alleviation" dan "Sustainable Papua Initiative."

"Gubernur menyampaikan bahwa Pemerintah Republik Indonesia (RI) berkomitmen pada program Reduction of Emission from Deforestation and Forest Degradation (REDD)," ujar Berty.

Komitmen tersebut sebelumnya disampaikan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara yang memiliki hutan tropis di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat pada 24 September 2007.

Pelaksanaan "Sustainable Forest Management" di Indonesia bertujuan mendukung pembangunan berkelanjutan dan untuk mengurangi dampak perubahan iklim global.

Berty menandaskan, Papua dan Papua Barat memiliki peran penting guna mengimplementasikan komitmen tersebut, mengingat luas hutan yang ada di kedua wilayah tersebut mencapai 42 juta hektar atau seperempat dari luas wilayah hutan di Indonesia atau separuh wilayah konservasi hutan.

Dengan demikian, hutan tropis di Papua mampu menyerap 3,2 milyar gas emisi karbon atau sebanding dengan 90 persen gas emisi karbon yang dihasilkan penduduk Eropa.

Sementara itu, untuk memperoleh masukan dalam bentuk pengalaman-pengalaman terbaik dari berbagai sumber baik dalam maupun luar negeri, Pemerintah Provinsi Papua pada 11 hingga 14 November lalu telah menyelenggarakan konferensi internasional tentang keanekaragaman hayati untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Tanah Papua.

Berbagai topik yang dibahas pada konferensi tersebut diantaranya adalah pengelolaan hutan berkelanjutan, pengembangan energi hijau, biobanking, potensi tanaman obat di Papua dan ecotourism.


Sumber: ANTARA News (Rabu, 25 November 2009 05:50 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org