2010-01-24

Bengkulu Dapat Kayu Trembesi Satu Juta Pohon

Bengkulu (ANTARA News) - Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Kehutanan Sosial (RLKS) Departemen Kehutanan (Dephut) Indriastuti mengatakan, Provinsi Bengkulu pada 2010 akan mendapatkan bantuan bibit tanaman penghijauan jenis kayu trembesi sebanyak satu juta pohon.

Bibit kayu sebanyak itu akan didrop kepada sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu atau masing-masing 100 ribu pohon untuk pengembangan program pemerintah pusat pada 2010, katanya di Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Sabtu.

Program penanaman bibit kayu itu dicanangkan secara nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum lama ini sebanyak satu miliar pohon yang akan disalurkan ke seluruh provinsi di Tanah Air.

Namun, pemerintah hanya menyerahkan bibit kayu dalam bentuk biji dan daerah penerima menyemai dan menanam baik di sekitar kawasan hutan maupun di lahan masyarakat.

Ia mengatakan, kalau selama tahun 2009 pemerintah memprogramkan "One man one tree" (Omot) atau satu orang menanam satu pohon, tetapi pada 2010 programnya satu miliar pohon, terutama jenis kayu trembesi.

Kayu trembesi itu sangat cocok ditanam pada daerah aliran sungai (DAS), karena pohonya sangat kuat dan kayunya berkualitas ekspor, sedangkan pengadaan bibitnya langsung dari pemerintah pusat.

Untuk penanaman program Omot tahun 2009 dari target sebanyak 230 juta batang terealisasi mencapai 258 juta pohon termasuk di Bengkulu juga melebih target.

Pengembangan kayu jenis trembesi ini perlu didukung semua pihak untuk memperkaya tanaman penghijauan yang berdampak besar untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat secara luas, katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ketahun Bengkulu Dodi Siswanto mengatakan, program penanaman pohon di daerah ini selama tahun 2009 melebih target dari 1,7 juta batang terealisasi 1,8 juta batang.

Bibit kayu sebanyak itu selain diadakan dari pemerintah melalui Departemen Kehutanan, juga didukung mitra semua dinas instansi, pihak swasta, BUMN, organisasi dan kelompok masyarakat secara swadaya.

"Kami optimistis program penanaman satu juta pohon teembsi di Provinsi Bengkulu akan tercapai, karena masyarakat daerah ini sangat mendukung program tersebut," katanya.


Sumber : ANTARA News (Sabtu, 16 Januari 2010 18:32 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org