2009-12-18

Sinar Mas Siap Diskusikan Temuan Greenpeace

Jakarta (ANTARA News) - PT Sinar Mas menyatakan siap mendiskusikan temuan organisasi lingkungan internasional Greenpeace yang menyoroti masalahpembukaan lahan kelapa sawit oleh perusahaan penghasil CPO itu, demikian siara pers Sinar Mas di Jakarta, Sabtu.

Perusahaan itu menyatakan sangat menyesalkan jika upaya pemantauan lingkungan dilakukan secara sepihak dengan berlandaskan pada data serta klaim yang tidak akurat, dibesar-besarkan, dan digeneralisasi bahkan cenderung menyesatkan.

Dua hari sebelumnya, Greenpeace mengeluarkan laporan yang menyebutkan sejumlah masalah yang dilakukan Sinar Mas dalam pengelolaan lahan kelapa sawit, antara lain di Papua, Riau, dan Kalimantan.

Untuk kasus di Riau, perusahaan itu dinilai menghasilkan emisi tahunan sebesar 2,5 juta ton CO2 akibat pembukaan lahan gambut. Untuk Kasus di Kalimantan Barat, perusahaan itu dituding melakukan pembukaan lahan secara tidak sah.

Menanggapi laporan itu, Sinar Mas menyatakan siap berdialog soal emisi di Riau, sedangkan mengenai kasus di Kalimantan Barat, perusahaan itu menyatakan telah memperoleh perizinan yang diperlukan sehingga telah beroperasi secara sah.

"Kami mengapresiasi setiap upaya dari para pihak yang mencoba mendorong industri sawit untuk senantiasa mengedepankan praktik agribisnis terbaik, karena memang hal itu pula yang menjadi fokus kami selama ini, dengan berpegang pada ketentuan dan regulasi pemerintah Indonesia serta kaidah-kaidah internasional yang berkenaan dengan lingkungan," demikian Sinar Mas.

Jika memang ditemukan sebagian dari aspek operasi yang terlihat tidak selaras dengan prinsip keberlanjutan dan kelestarian lingkungan, perusahaan itu menyatakan siap mendiskusikannya berdasarkan fakta yang jelas dan nyata dalam dialog yang profesional untuk menyusun langkah perbaikan dan mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.


Sumber: ANTARA News (Sabtu, 12 Desember 2009 17:34 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org