2009-07-16

Kabut Asap Sisa Kebakaran Sebelumnya

PEKANBARU (RP) - Berdasarkan monitoring satelit NOAA 18 oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pada Rabu (15/7), jumlah hotspot (titik api) Riau itu hanya ditemukan di Inhu saja sebanyak satu titik. Sementara temuan untuk keseluruhan sumatera ada 79 titik.

Menanggapi, kabut asap yang terjadi, sejak pagi yang menutupi hampir seluruh wilayah Riau, disebutkan adalah akibat dari sisa kebakaran yang terjadi pada beberapa waktu sebelumnya dan bisa jadi ada pemadaman dari pemerintah setempat. Terhitung sejak Senin (13/7) hingga Rabu (15/7) untuk wilayah Riau sudah tercatat 167 titik api.

‘’Jumlah titik api pada Rabu, hanya satu titik, dan itu berada di Inhu. Sementara soal kabut bercampur asap yang terjadi khusus di Kota Pekanbaru yang begitu pekat sehingga mengganggu jarak pandang, adalah sisa dari pembakaran sebelumnya yang masih berasap,’’ kata staf analisa BMKG, Rahmat Tauladani kepada Riau Pos.

Disebutkan, dalam pekan ini 13-15 Juli 2009, khusus untuk wilayah Riau sudah tercatat sebanyak 167 titik api, dan itu terdapat di daerah, Rohil, 30 titik, Rohul 16 titik, Dumai 4 titik, Bengkalis 23 titik, Siak 33 titik, Pekanbaru tiga titik, Kampar 22 titik, Pelalawan 16 titik, Inhu 11, Inhil empat titik, dan Kunsing empat titik.

‘’Dengan kondisi seperti saat ini memang belum bisa dipastikan kapan wilayah Riau akan aman dari bencana asap ini, sebab, pembakaran lahan masih tetap ada. Jika tidak daerah sendiri, kita mendapat kiriman dari provinsi tetangga,’’ sebut Rahmat.

Dari provinsi Jambi 22 titik, Sumatera Selatan 37 titik, Bangka Belitung 18, dan Bengkulu satu titik. Untuk Sumatera Selatan menjadi penyumbang terbanyak dengan 37 titik api.

Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh faktor angin sebagai pengirim asapnya. Bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan lima sampai 25 kilo meter per jam.Kepekatan kabut asap makin terasa pada pukul 07.00 WIB.(cr1/new)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos (Kamis, 16 Juli 2009 , 08:17:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org