2009-07-18

Kemarau, Warga Manfaatkan Air Sungai untuk Memasak

PASIRPENGARAIAN (RP)- Musim kemarau di Kabupaten Rokan Hulu berdampak sejumlah sumur warga kekeringan, begitu juga dengan air parit yang mulai banyak dimanfaatkan untuk mandi cuci kakus (MCK) juga ikut kering. Solusinya, banyak warga memilih sungai untuk kebutuhan MCK, dan bahkan ada yang memanfaatkan air sungai untuk air minum.

Seperti di wilayah Kecamatan Ujung Batu, para warga banyak yang memilih untuk MCK di Sungai Rokan. Sebab, debit salah satu sungai terbesar di Kabupaten Rohul tersebut masih bisa dimanfaatkan oleh warga, untuk keperluan MCK. Bahkan ada yang mengambil air sungai tersebut untuk keperluan seperti memasak dan untuk minum.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Ujung Batu Timur Marsuri (35) kepada Riau Pos, Rabu (15/7). Ia mulai memanfaatkan Sungai Rokan untuk MCK dan untuk memasak sejak sepekan yang lalu. Sebab, air sumur miliknya benar-benar sudah kering. ‘’Sejak musim kemarau beberapa pekan lalu, saya dan keluarga rutin mandi di Sungai Rokan. Bahkan untuk memasak nasi dan sayur, kami juga manfaatkan air sungai tersebut,’’ kata ibu tiga orang anak itu.

Sama halnya dengan Sarinah (40) tahun, warga Jalan Ngaso, Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Ujung Batu tersebut juga memanfaatkan air Sungai Rokan untuk keperluan MCK. ‘’Kalau untuk minum, kita beli di depot air minum isi ulang. Sedangkan untuk MCK dan bahkan kadang untuk masak nasi atau sayur, kita manfaatkan air Sungai Rokan. Biasanya, suami saya yang jemput air dengan menggunakan jerigen ke Sungai Rokan,’’ kata Sarinah.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dr Wildan Asfan Hasibuan MKes mengimbau masyarakat agar tidak memanfaatkan air sugai untuk minum atau untuk memasak makanan. ‘’Sebab, air tersebut rentan untuk kesehatan dan kerap menimbulkan gejala diare,’’ ujarnya.(har)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos (Kamis, 16 Juli 2009 , 08:20:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org