2009-07-15

Pemadam Kewalahan Atasi Kebakaran Lahan di Pekanbaru

Kebakaran lahan di Pekanbaru terus meluas. Petugas mengaku kewalahan dan mengeluh tidak ada instansi terkait peduli.

Riauterkini-PEKANBARU- Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru mengaku kewalahan mengatasi kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah titik di wilayah Kota Pekanbaru. Sudah 20 hari kosentrasi sebagian kekuatan Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru terbagi antara memadamkan kebakaran lahan dan juga mengatasi setiap kasus kebakaran di pemukiman..

Dinas Kebakaran Kota Pekanbaru Atasi Kebakaran Lahan di Jalan Parit Indah (PEKANBARU)








“Terus terang kami kewalahan mengatasi kebakaran lahan yang terus meluas. Sementara kami juga harus terus bersiaga menangani kebakaran di pemukiman,” keluh Kabid Penanggulangan dan Pemadaman Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru Zul Azmi kepada riauterkini di sela-sela kegiatan pemadaman kebakaran lahan di Jalan Parit Indah, Selasa (14/7/09).

Dipaparkan Zul Azmi, selama 20 hari terakhir hampir 50 persen personil dan peralatan Dinas Pemadam Pekanbaru dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di sejumlah titik. Seperti di Jalan Parit Indah, Jalan Srikandi, Jalan Tuanku Tambusai Ujung dan sejumlah tempat lainnya.

Sebaran lokasi kebakaran lahan yang sangat luas mempersulit petugas. Saat ini sekitar 100 hekter lahan di Pekanbaru terbakar. Selain itu, petugas juga mengalami kesulitan karena minimnya perlatan. “Untuk mesin pompa portabel kami hanya punya satu. Ini sangat menyulitkan,” keluhnya lagi.

Lebih lanjut Zul Azmi mempertanyakan komitmen intansi terkait dalam menanggulangi kebakaran lahan. Seperti Dinas Kehutanan Riau, Manggalan Agni dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Satpol Pamong Praja Pemprov Riau. “Semestinya mereka membantu kami mengatasi kebakaran lahan yang terus meluas. Mereka punya personil dan juga punya banyak peralatan,” kritiknya.***(mad)

Sumber: Riau Terkini (Selasa, 14 Juli 2009 14:29)

Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org