2009-06-04

SEJUMLAH PERUSAHAAN TERLIBAT... Walhi Desak Pemerintah Tegas Tanggulangi Karhutla di Riau

Surya
PEKANBARU (RiauInfo) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau meminta pemerintah daerah serius menuntaskan masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Walhi menilai tidak ada upaya pemerintah setempat untuk menuntut perusahaan yang mengalami karhutla di areal perkebunannya selama ini.

"Belum pernah ada tindakan pemerintah setempat untuk menuntut atau mencabut izin perusahaan yang telah melakukan pembakaran di lahan mereka. Ini bukti yang menunjukkan tidak seriusnya pemerintah daerah untuk menangani kebakaran hutan dan lahan yang terjadi setiap tahun di Riau,"ungkap ketua Dewan Walhi Riau Jhoni S Mundung kepada RiauInfo, Rabu (3/6/2009) di Pekanbaru.

Sementara Walhi Riau menyetakan telah melakukan tuntutan terhadap puluhan perusahaan yang membiarkan karhutla terjadi di lahan mereka. Menurut Jhoni, hampir setiap tahun Walhi menuntut sejumlah perusahaan di Riau terkait dengan karhutla tersebut.

"Untuk tahun ini mungkin akan ada lagi perusahaan yang akan kita tuntut. Sebelumnya Walhi mengumpulkan data dan fakta yang terkait dengan karhutla di Riau pada tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya telah ada sekitar 10 perusahaan yang kita tuntut,"ungkap Jhoni S Mundung.(Surya)


Sumber: RiauInfo
(03 Jun 2009 15:22 wib)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org