2009-06-20

Aceng Akan Kembali ke Hutan

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

BOGOR, KOMPAS.com — Tidak lama lagi Aceng, seekor macan tutul (Panthera pardus), akan merasakan kembali habitatnya di hutan Gunung Karang, Pandeglang, Banten. Aceng rencananya akan dilepas Kamis (18/6) pagi setelah dirawat sekitar 11 bulan di Pusat Transit Satwa Gadog (PTSG), Megamendung, Bogor.

Satwa langka dan dilindungi ini beberapa waktu silam ditemukan terjerat jebakan babi hutan yang dipasang pemburu di Gunung Karang, Pandeglang. Akibat luka parah di perut Aceng, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat I bekerja sama dengan Animal Sanctuary Trust Indonesia (ASTI) merawat Aceng di PTSG.

Meski bekas luka jeratan jebakan babi hutan masih terlihat membekas di perut Aceng, tetapi kesehatannya telah pulih. Malam ini rencananya Aceng akan dibawa ke Pandeglang.

Menurut Zulfi, dokter hewan ASTI, di hutan Gunung Karang, Pandeglang, telah disiapkan kandang habituasi untuk Aceng. Kandang tersebut untuk membiasakan Aceng dengan habitat barunya sebelum benar-benar dilepas.

"Di Pandeglang sudah disiapkan kandang habituasi. Lokasinya di sekitar dulu Aceng terjerat. Sekitar dua tiga hari baru dilepas agar bisa menyesuaikan dengan habitat barunya," ujarnya.

Pelepasan Aceng pun disambut gembira oleh warga di sekitar Gunung Karang. Mereka bahkan menyiapkan penyambutan kedatangan satwa yang menjadi maskot Jawa Barat ini. Tak tanggung-tanggung, layaknya menyambut tamu istimewa, warga menyiapkan hiburan organ tunggal untuk kedatangan Aceng.


Sumber: Kompas (Rabu, 17 Juni 2009 21:51 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org