2009-06-18

Kabut Tebal Ganggu Jadwal Penerbangan di Pekanbaru



Kabut tebal kembali menyelimuti Kota Pekanbaru. Jarak pandang yang sangat terbatas menyebabkan jadwal penerbangan di Bandara SSK II terganggu.

Riauterkini-PEKANBARU- Jadwal pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali terganggu kabut tebal, Selasa (16/6/09). Kabut yang muncul sejak lepas Subuh kondisinya tak kunjung membaik hingga pukul 8.00 WIB. Setidaknya ada tiga jadwal keberangkatan dan satu jadwal kedatangan pesawat yang tertunda.

"Pagi ini ada gangguan jadwal penerbangan sejumlah pesawat karena kabut yang sangat tebal membatasi jarak pandang," ujar Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan dalam perbincangan dengan riauterkini, Selasa pagi.

Akibat kabut tebal tersebut, Ibnu mengatakan jarak pandang pada pukul 6.00 WIB sangat terbatas, hanya berkisar 300 meter. Sedangkan pada pukul 8.00 WIB mulai naik menjadi 500 meter. Setelah itu kabut menipis dan jarak pandang pada pukul 8.10 WIB sudah di atas 1.00o meter. "Stadar keselamatan penerbangan mensyaratkan jarak pandang mininal seribu meter, karena itu setelah jam delapan dan jarak pandang mulai normal, aktivitas penerbangan baru dimulai," ujarnya.

Lebih lanjut Ibnu Hasan mengatakan, ada tiga pesawat yang jadwal penerbangannya tertunda, yakni Mandala Airlines , Riau Airlines dan Lion Airlines tujuan Jakarta. Mandala dan Lion semestinya sudah terbang pada pukul 7.00 WIB. Kedua pesawat tersebut baru terbang landas pada pukul 8.20 WIB.

Sedangkan pesawat Riau Airlines (RAL) tujuan jakarta semestinya terbang pada pukul 8.00 WIB belum bisa berangkat karena jadwal kedatangan pesawat dari Medan terlambat.***(mad)


Sumber: Riau Terkini (Selasa, 16 Juni 2009 08:32)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org