2009-06-29

Jarak Pandang Berangsur Normal_Gelombang Tinggi di Perairan Rohil


SEPI AKTIVITAS: Kondisi di Perairan Rohil sudah mulai bersih dari pengaruh kabut asap. Hanya saja kabut asap masih berkemungkinan untuk turun menyelimuti perairan ini mengingat sejumlah hotspot baru kembali muncul, terutama di sore hari. Akibatnya, dermaga Pelabuhan Bagansiapi-api agak sepi dari aktvitas.foto: syahri ramlan/riau pos

Laporan SYAHRI RAMLAN, Bagansiapi-api syahriramlan@riaupos.com
SEIRING dengan menipisnya kabut asap, jarak pandang di Perairan Rohil mulai berangsur normal. Namun, angin masih bertiup kencang, dan gelombang tinggi masih muncul mendadak di sejumlah perairan, terutama saat mulai turun hujan.

‘’Hasil pantauan kita di lapangan, kondisinya seperti itu. Kabut asap yang semua terlihat tebal menyelimuti perairan, sekarang sudah terlihat terang. Jarak pandang di Perairan Rohil relatif sudah berangsur normal,’’ kata Danlanal Dumai Letkol Laut (P) Arief Sumartono melalui Danposal TNI Bagansiapi-api Lettu Laut (T) Mufit yang ditemui Riau Pos, Ahad (29/6) di Bagansiapi-api.

Kendati jarak pandang di Rohil sudah mulai terlihat normal, lanjut Mufit, kondisi angin dan gelombang laut masih sulit diprediksi. ‘’Artinya, kadang-kadang angin muncul dengan berkecepatan tinggi dan gelombang lautnya agak tinggi. Kondisi seperti ini, umumnya terjadi saat mau hujan turun. Tapi, kalau tidak hujan, kondisinya juga tenang,’’ kata Mufit.

Kendati hujan sudah mulai turun mengguyur sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Rohil, namun kabut asap masih tetap terlihat terutama di waktu pagi hari. Sedangkan menjelang siang hingga sore, kabut asap relatif sudah berkurang. ‘’Tapi, kalau jelang subuh, kondisinya tetap agak tebal. Namun setelah ada matahari, berangsur cerah,’’ lanjut Mufit.(tie)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos (Senin, 29 Juni 2009 , 07:26:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org