2009-06-27

Galian C Ancam Abrasi Sungai Batang Kumu

ALAT BERAT: Warga Desa Payung Sekaki Kecamatan Tambusai Utara mengeluhkan alat berat yang mengambil Sirtu di Sungai Batang Kumu, Kamis (25/6/2009). (engki prima putra/riau pos)

TAMBUSAI UTARA (RP)-
Camat Tambusai Utara Tri Ismadi Ssos meminta warga Desa Bangun Jaya yang berseberangan dengan Desa Payung Sekaki di Sungai Batang Kumu, untuk menghentikan pengambilan pasir dan batu (Sirtu) dengan menggunakan alat berat. Karena dapat merusak ekosistem dan terjadinya abrasi.

Menurutnya, warga Payung Sekaki resah melihat aktivitas masyarakat Bangun Jaya yang melakukan pengambilan Sirtu di tengah-tengah Sungai Batang Kumu, padahal mereka tidak mengantongi izin. ‘’Kita sudah perintahkan Kades Bangun Jaya untuk menghentikan masyarakat yang mengambil galian C di tengah-tengah Sungai Batang Kumu. Karena tadi pagi masih ada aktivitas masyarakat di sana,’’ ungkap Camat Tambusai Utara Tri Ismadi kepada Riau Pos, Kamis (25/6), terkait instruksi Wakil Bupati Rohul H Sukiman saat berkunjung ke Desa Payung Sekaki.

Dikatakan Tri, pengambilan Sirtu di Sungai Batang Kumu telah disepakati oleh masyarakat hanya di tepi sungai, bukan di tengah-tengah sungai. Namun, karena masyarakat menggunakan alat berat untuk mengambil Sirtu di tengah-tengah sungai, warga Desa Payung Sekaki merasa keberatan akan terjadinya abrasi.

Karena alur air sungai itu bisa menghantam tebing di daerah Payung Sekaki, sehingga akan berdampak negatif terhadap warga yang bermukiman di tepi sungai tersebut. ‘’Ada sekitar 200 meter areal pengambilan Sirtu oleh masyarakat di Sungai Batang kumu ini. Keberatan masyarakat, sekarang arus sungai semakin deras, karena pengerukan pasir dan kerikil,’’ lanjutnya.

Dikatakan, masyarakat yang mengambil Sirtu di Sungai Batang Kumu, sedang mengurus izin galian C. Bahkan petugas BLH Rohul telah mengecek ke lapangan. Dimana kelayakan dinilai oleh BLH Rohul, apakah dapat merusak ekosistem dan terjadinya pencemaran sungai atau abrasi.(epp)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos (Jum'at, 26 Juni 2009 , 08:08:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org