2009-06-26

Rusli Ancam Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan

PEKANBARU, TRIBUN - Gubernur Riau Rusli Zainal juga mulai gerah dengan makin tebalnya kabut asap. Ia langsung mengintruksikan kepala daerah kabupaten/kota segera melakukan pengawasan di lapangan secara intensif.

Bagi perusahaan yang kedapatan sengaja membakar lahan di atas izin usahanya, maka izin perusahaan tersebut diancam cabut. Sementara bagi warga yang kedapatan melakukan pembakaran lahan, juga diancam proses hukum.

"Pembakaran lahan yang sengaja dilakukan atau tidak, hendaknya mendapat pengawasan serius kepala daerah di kabupaten/kota. Koordinasi juga harus dilakukan mengatasi masalah ini," ujar Rusli, Selasa (23/6).

Menurutnya, bila tidak dilakukan penanganan cepat, akan berdampak buruk pada kehidupan masyarakat. Untuk itu pengawasan harus diperketat di setiap daerah. Instansi terkait juga diminta segera melakukannya.

"Rapat koordinasi penanggulangan asap langsung ditindaklanjuti Wakil Gubernur Riau. Sebagai Ketua Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, diharapkan bisa melakukan pengawasan di lapangan," tambahnya.

Sementara Ketua Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Pusdalkarhutla) Riau, HR Mambang Mit, menegaskan pihaknya segera berkoordinasi kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi saat ini.

Mambang Mit yang juga Wakil Gubernur Riau menegaskan, pihak yang kedapatan sengaja membakar hutan dan lahan, akan diproses hukum secara tegas, sesuai aturan yang berlaku.

"Surat edaran ke seluruh perusahaan dan pemerintah daerah sudah kita layangkan. Sosialisasi juga sudah dilakukan. Bila masih membandel akan ditindaklanjuti secara hukum. Berlaku bagi masyarakat maupun perusahaan," ujarnya. (ksi)


Sumber: Tribun pekanbaru (Selasa, 23 Juni 2009 20:19 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org