2009-06-07

Walhi: 359 Bencana Alam di Indonesia

Jakarta, (ANTARA News) - Selama tahun 2008 Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia mencatat sebanyak 359 bencana alam telah menimpa beberapa daerah di Indonesia.

Ada peningkatan signifikan dari kasus bencana tersebut jika dibandingkan 2007 yang hanya 205 kali, kata Direktur Eksekutif Walhi Berry Nahdian Furkon di Jakarta, Jumat, menandai hari Lingkungan Hidup yang diperingati hari ini.

"Jumlah itu baru yang tercatat di Walhi, faktanya masih banyak lagi," kata Berry, mantan Direktur Eksekutif Walhi Kalsel.

Menurut dia, meningkatnya bencana alam di Indonesia saat ini, baik itu longsor, banjir, gempa dan lainnya karena kesalahan pengelolaan lingkungan oleh pemerintah yang terjadi selama ini.

Saat ini, kata dia, dalam setiap tahunnya terjadi sekitar dua juta hektar lahan mengalami deforestasi sehingga banyak spesies yang hilang, baik itu spesies hewan maupun lingkungan hidup lainnya.


Deforestasi yaitu hilangnya tutupan hutan yang berarti hilangnya berbagai ciri-ciri kelengkapan hutan (forest attributes), misalnya kelebatan hutan, strukturnya dan komposisi spesiesnya.


Beberapa spisies yang kini menghilang katanya, yaitu beberapa binatang yang dilindungi, ikan-ikan di sungai yang semakin sedikit serta beberapa jenis padi yang mulai menghilang karena adanya penyeragaman.(*)


Sumber: ANTARA News
(Jumat, 5 Juni 2009 17:50 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org