2009-05-16

11.866 Jiwa Jadi Korban Bencana Alam

11.866 Jiwa Jadi Korban Bencana Alam


Laporan MASHURI KURNIAWAN, Pekanbaru
Korban bencana alam di kabupaten/kota se-Riau menyisakan penderitaan mendalam bagi 11.866 jiwa yang menjadi korban. Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Riau, sebanyak 2010 rumah rumah rusak akibat bencana alam seperti banjir dan angin puting beliung dari Januari hingga April 2009.

Demikian disampaikan Kepala Dinsos Riau Raja Lukman Mat kepada Riau Pos, Jumat (15/5). Kerugian materil paling banyak di derita warga akibat bencana banjir, dan diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah.

‘’Dari data yang kita peroleh di lapangan akibat bencana alam berupa banjir sebanyak 1.790 bangunan terendam dan rusak digerus air. Sedangkan kerusakan rumah karena angin puting beliung jumlahnya mencapai 220 unit,’’ kata Lukman Mat.

Menurut dia, bencana alam banjir yang paling parah terjadi di Rokan Hulu. Dimana sebanyak 752 rumah terendam air. Kemudian di Kabupaten Kampar. Daerah yang dikenal dengan seribu suluk ini sebanyak 367 rumah terendam air.

Sementara bencana alam angin puting beliung yang paling parah terjadi di Kabupaten Kampar, dimana sebanyak 115 rumah unit rumah rusak. Selanjutnyam, di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sebanyak 62 unit rumah juga rusak parah.

Dikatakannya, berdasarkan perkembangan dinamika cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Riau, BMG memprediksi tahun 2009 akan terjadi curah hujan tinggi. Kondisi inilah yang bisa mengakibatkan terjadinya bencana alam banjir dan angin puting beliung.

‘’Dinsos sudah melakukan penanggulangan bencana alam banjir ini. Karena kita sudah berkoordinasi dengan Dinsos di daerah untuk meminimalisir terjadinya kerugian karena bencana alam banjir dan angin puting beliung di Riau,’’ ungkapnya mengakhiri.(izl)

Sumber: Harian Pagi Riau Pos (Sabtu, 16 Mei 2009 , 07:49:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org