2009-05-27

Topan Aila Tewaskan 62 Orang di Banglades

DHAKA, KOMPAS.com — Topan Aila telah menewaskan sedikitnya 62 orang di Banglades. Menurut televisi swasta ATN di Dhaka, Selasa (26/5), jumlah korban yang tewas meningkat menjadi 62 orang, menyusul ditemukannya 44 jenazah lagi dari beberapa distrik pantai lainnya yang juga diterjang badai itu.

Topan tersebut menerjang beberapa bagian Banglades dan India timur, Senin, yang memicu gelombang pasang dan banjir yang memaksa setengah juta orang meninggalkan rumah mereka.

Para pejabat di kota-kota pantai Banglades memindahkan sekitar 500.000 orang ke tempat-tempat penampungan sementara, setelah mereka meninggalkan rumah-rumah mereka menyelamatkan diri dari gelombang pasang yang tinggi, disertai angin yang bertiup dengan kekuatan sampai 100 kilometer per jam.

Hujan deras yang dipicu oleh badai juga meningkatkan peringkat air sungai dan mengirimkan lumpur tanggul-tanggul ke delta Sundarban di negara bagian timur India tetangganya, Bengali Barat. Peristiwa alam itu merusak rumah ratusan ribu orang, di samping daerah perlindungan harimau terbesar di dunia.


Sumber: Kompas
(Selasa, 26 Mei 2009 | 15:00 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org