2009-05-30

Sekitar 40 gajah masuk ke perkampungan warga

PEKANBARU, KOMPAS.com — Sekitar 40 gajah masuk ke perkampungan warga di Kelurahan Balai Makam, Mandau, Kabupaten Bengkalis, hingga mengakibatkan rusaknya areal perkebunan di daerah tersebut.

"Empat puluhan gajah mengamuk, mereka memakan dan merusak perkebunan warga," kata Husin, warga setempat yang dihubungi dari Pekanbaru, Rabu (27/5). Kawanan gajah tersebut tidak merasa terusik saat warga berupaya mengusir kawanan liar tersebut. "Gajah-gajah itu tidak takut meski dihalau warga dan terus saja merusak perkebunan," katanya.

Husin juga mengatakan bahwa gajah-gajah itu tidak mempedulikan saat warga mencoba mengusir dengan memperdengarkan bunyi-bunyian. "Bahkan, warga setempat menjadi ketakutan dengan banyaknya gajah yang masuk ke perkampungan," katanya.

Sementara itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau mengaku telah menerima laporan terkait masuknya kawanan gajah liar di Kecamatan Mandau. Pihak BBKSDA langsung menindaklanjuti laporan tersebut dengan mengirimkan tim ke lokasi guna membantu warga mengusir kawanan gajah liar tersebut.


Kepala Teknis Konservasi BBKSDA Riau Sahimin mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim ke lokasi guna membantu warga mengusir gajah.


Sumber: Kompas
(Rabu, 27 Mei 2009 | 19:26 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org