2009-05-27

Akibat Kabut Asap 64 Warga Terserang ISPA

Laporan SYAHRI RAMLAN,Bagansiapiapisyahriramlan@riaupos.com
SEDIKITNYA 64 warga Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil dan sekitarnya terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Menyusul makin tebalnya kabut asap yang menyelimuti kawasan tersebut sejak sepekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil dr H Muhammad Junaidi Saleh didampingi Kepala Puskesmas Bangko dr Erwinto yang dihubungi Riau Pos, Senin (25/5) di Bagansiapi-api mengakui hal tersebut. ‘’Berdasarkan data yang dirangkum dari Puskesmas Bangko, warga yang menderita ISPA terhitung Mei ini saja mencapai 64 orang. Kalau April lalu mencapai 301 orang,’’ kata Junaidi.

Gangguan pengaruh kabut asap ini, lanjut Junaidi, akan diketahui dari peningkatan kasus penyakit ISPA. ‘’Saat ini, kasus penyakit ISPA di wilayah Kecamatan Bangko belum begitu ada peningkatan yang serius. Apalagi, kabut asap yang turun menyelimuti sejumlah daerah di Kecamatan Bangko ini, kondisinya tidak menentu. Terkadang tebal dan gelap. Namun keesokan harinya kembali berkurang. Dan hasil pantauan kita di lapangan, kondisi kabut asap di Kecamatan Bangko ini sudah berkurang,’’ lanjutnya.

Mengingat ketebalan kabut asap sangat sulit ditebak, Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil telah mengambil berbagai kebijakan. Salah satu di antaranya melakukan antisipasi dini dengan melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di setiap ada kesempatan. Serta menyalurkan bantuan masker pelindung dari kabut asap. Pembagian masker tersebut setidaknya telah dilakukan di SMP Negeri I Bangko di Bagansiapi-api.


‘’Dalam kondisi seperti ini apalagi di musim kemarau yang diwarnai dengan kabut asap, saya menganjurkan kepada masyarakat bila hendak melakukan aktivitas di luar rumah, pergunakanlah masker. Dan yang paling penting lagi, jangan berlama-lama di luar rumah,’’ tuturnya.(tie)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos
(Selasa, 26 Mei 2009 , 07:53:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org