2009-05-31

5.000 Lebih Pohon Sudah Ditanam

PEKANBARU (RP) -Lebih dari 5.000 pohon yang sudah ditanam oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) mulai Januari-Mei ini. Penanaman ribuan tersebut ditempatkan di jalan-jalan utama di pinggir kota. Karena penanaman pohon di pinggir kota menjadi program utama penghijauan oleh DKP pada tahun 2009 ini.

‘’Jalan-jalan utama di empat kecamatan, yaitu kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Payung Sekaki dan Tampan jadi prioritas untuk ditanami pohon penghijau pada tahun 2009 ini,’’ kata Kepala Dinas DKP Maiyulis Yahya kepada Riau Pos, Jumat (29/5) di kantor Wali Kota.

Penanaman pohon yang sudah dilakukan pada bulan Mei ini saja menjadi prioritas yaitu jalur hijau Jalan Soekarno-Hatta yang baru saja selesai dibangun. Adapun pohon yang ditanam pada jalur hijau jalan protokol tersebut yaitu pohon mahoni dan angsana.

Dari data di lapangan jalur hijau Soekarno-Hatta terutama mulai dari simpang Jalan Durian hingga Jalan Tambusai sudah mulai ditanami pohon mahoni. ‘’Penanaman ratusan pohon di Jalan Soekarno-Hatta sekaligus dengan biaya pemeliharaannya, sebab anggaran pemiliharaannya sudah ada dalam APBD tahun 2009 ini,’’ ujar Maiyulis Yahya.


Untuk memeriahkan kegiatan hari Jadi ke-225 Pekanbaru DKP juga memprogramkan penanaman seribu pohon. Adapun lokasi yang menjadi prioritas yaitu di Jalan Soebrantas di Kecamatan Tampan.


Kemudian di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir, terutama di sepanjang turap Sungai Siak. Adapun pohon yang akan ditanam yaitu pohon matoa.


Dikatakannya untuk ruas jalan utama sengaja tak ditanam pohon penghijau seperti matoa, mangga dan lainnya. Tapi lebih pohon mahoni dan angsana.


‘’Kalau pohon mangga dan matoa diutamakan di Jalan Lingkungan sehingga dijaga masyarakat,’’ tegasnya. (esi)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos
(Sabtu, 30 Mei 2009 , 07:49:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org