2009-05-19

Pemanasan Global Cepat Mengubah Habitat Artik

Pemanasan Global Cepat Mengubah Habitat Artik

ONTORIO, TRIBUN - Pemanasan global telah membawa pengaruh yang berlangsung secara cepat di zona artik, kutub utara. Para peneliti menemukan ketebalan bongkahan-bongkahan es di zona artik berlangsung lebih cepat dalam 10 sampai 20 tahun terakhir ini.

Efek pemanasan global dengan gampang dapat dilihat di zona ini, dengan semakin menurunkan gletser-gletser gunung es. Yang kemudian menjadi pertanyaan bagi para peneliti, bagaimana perubahan cepat ini berpengaruh terhadap kehidupan biologi di zona artik.

Seorang peneliti dari Ocean Science Foundation melaporkan untuk pertama kalinya dalam 800 ribu tahun terakhir ini, sebuah species fitoplanton ditemukan menyebar di zona artik, yang sebelumnya tak ditemukan di zona ini.

Akhir tahun lalu, sejumlah peneliti dari Universitas Trent, Ontorio, Kanada, juga telah melaporkan tentang terpisahnya gunung es raksasa seukuran Manhattan di daerah kutub utara yang masuk wilayah Kanada. Peristiwa ini semakin memperkuat proses perubahan yang akan mengubah batas-batas geografi di kutub utara. (tic)


Sumber: Harian Pagi Tribun Pekanbaru(Selasa, 12 Mei 2009 | 19:14 WIB)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org