2009-05-27

Padang Diguncang Gempa 4,7 SR

PADANG (RP) - Warga Kota Padang, terutama yang bertempat tinggal dan berkantor dekat kawasan pesisir pantai, Senin (25/5) pagi kemarin sekitar pukul 08:57 WIB berlarian ke luar rumah dan kantor. Mereka dikejutkan dengan guncangan gempa tektonik 4,7 skala richter (SR).

Gempa tersebut cukup terasa guncangannya karena episentrumnya relatif dekat dari bibir pantai Padang dan tergolong dangkal yakni pada kedalaman 20 Km. “Namun, gempa tidak mengakibatkan kerusakan bangunan dan tsunami, karena intensitasnya berada di bawah 5 SR,” kata Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Padangpanjang, Soemarso.

BMG mencatat gempa berpusat di 36 kilometer barat daya Kota Padang atau pada koordinat 1.26 Lintang Selatan - 100.24 Bujur Timur. “Pusat gempa masih di jalur pertemuan lempengan Indo-Australia dan Eurasia di sebelah Barat Mentawai. Guncangannya juga dirasakan sebagian warga Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman yang berada di dekat pantai,” tambah Soemarso.

Pelepasan energi di jalur pertemuan lempeng Indo-Australia dan Eurasia yang memanjang dari Lampung hingga Aceh itu, dinilai Soemarso cukup bagus dibandingkan pelepasan sekaligus dalam skala dan intensitas tinggi.


Sebelumnya, Satkorlak PB Sumbar menyebutkan Kota Padang merupakan kota yang paling rawan diguncang gempa dan tsunami.


“Untuk itu kami meminta masyarakat senantiasa waspada, karena gempa tidak bisa diprediksi kapan terjadinya,” ingat Sekretaris Satkorlak PB Sumbar Ade Edward.


Dalam sepekan terakhir, BMG mencatat gempa terjadi dua kali. Sebelumnya, Ahad (23/5) gempa juga terjadi berkekuatan 4.9 SR di sejumlah daerah di Sumbar sekitar pukul 17.54 WIB. Pusat gempa berkedalaman 10 km itu, berada di darat, 12 km barat daya Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman. Getarannya dirasakan sebagian warga di Bukittinggi, Agam, Padangpanjang, dan Pasaman serta Payakumbuh.(rpg/ila)


Sumber: Harian Pagi Riau Pos
(Selasa, 26 Mei 2009 , 07:32:00)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org