2009-05-20

Dua Pesawat Tertunda Terbang Akibat Asap

Dua Pesawat Tertunda Terbang Akibat Asap

Kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru dua hari terakhir mulai menimbulkan masalah. Dua pesawat tertunda jadwal terbangnya karena asap halangi jarak pandang.

Riauterkini-PEKANBARU- Dua pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru harus menunda jadwal penerbangannya, Selasa (19/5/09) akibat tebalnya kabut asap pagi tadi. Tebalnya kabut asap menyebabkan jarak pandang sekitar pukul 7.00 WIB tak sampai 1.000 meter. Kondisi tersebut terlalu rawat bagi keselamatan penerbangan.

Akibat dari tebalnya kabut asap Pesawat Mandala Airlines dan Lion Airlines tujuan Jakarta harus menunda penerbangan sekitar 30 menit. Pada pukul 7.35 WIB jarak pandang sudah di atas 1.000 meter dan kedua pesawat sudah diizinkan tinggal landas.

"Tadi kabut asap menyebabkan jarak pandang tak sampai seribu meter. Kondisi tersebut terlalu berbahaya bagi keselamatan penerbangan, karena itu ada dua pesawat yang terpaksa menunda penerbangan ke Jakarta," ujar Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan kepada wartawan.

Tergannggunya jadwal penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru selalu terjadi setiap kali aktivitas kebakaran hutan dan lahan meningkat, kemudian menyebabkan timbulnya kabut asap tebal. Selama dua hari terakhir kabut asap melai menyelimut Pekanbaru. Data Badan Lingkungan Hidup Riau, pantauan Satelit NOAA 18 pada kemarin, Senin (18/5/09) ditemukan 48 titik api di 8 kabupaten dan kota di Riau.***(mad)


Sumber: Riau Terkini
(Selasa, 19 Mei 2009 14:14)
Privacy Policy - KELOMPOK PEDULI ALAM DJEMARI PEKANBARU (Riau) Copyright @ 2011 - Theme by djemari.org